Blog Detail

Yanbi Muadz Bin Jabal: Yuk, ajari anak puasa sejak dini

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn”

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Perintah berpuasa Allah turunkan pada hari senin di bulan sya’ban tahun 2 Hijiriah dengan turunya QS. Al Baqarah ayat 183 agar ibadah puasa ditunaikan di bulan Ramadhan. Dalam ayat tersebut memberikan kesan yang medalam dengan memunaikan puasa maka akan meningkatkan taqwa. Hadirnya bulan Ramadhan di desain untuk melatih menjadi insan yang bertakwa. Taqwa merupakan akumulasi karakter moral atau sifat-sifat baik yang hadir dalam jiwa manusia dan dari pancaran karakter moral memancarkan sifat-sifat yang dieksekusi dari bagian tubuh kita menjadi sikap yang mulia dari ujung kepala dari ujung kaki. Taqwa memiliki peran penting dalam kehidupan dimana spirit taqwa berperan penting dalam interaksi baik dengan pencipta (habluminallah) dan juga dengan manusia (Habluminannas) sehingga akan memancarkan diri menjadi pribadi berkarakter mulia.

Lalu kapan waktu yang tepat mengajari anak untuk berpuasa?

Momentum anak menjadi wajib untuk berpuasa jika anak sudah memasuki masa baligh, maka sepanjang anak belum baligh masih terbuka untuk belajar puasa. Selama masa belum baligh tentu alangkah baiknya untuk menjadikan masa tersebut menjadi waktu untuk belajar berpuasa, dan jangan sampai ketika sudah masuk masa baliqh baru menjadikan masa tersebut menjadi masa berlatih berpuasa. Sebelum masuk usia baliqh dan anak memiliki kekampuan untuk belajar puasa.

Bagaimana cara mengajadi anak untuk berlatih puasa?

Dalam berlatih puasa perlu diingat bahwa anak-anak tidak langsung didorong untuk langsung berpuas penuh. Lalu tipsya bagaimana, berikut beberapa tips mengajari anak berpuasa:

1. Berikan motivasi dengan bahasa ibadah

Sebelum memulai melatih anak berpuasa, pertama berikanlah motivasi dan pemahaman anak mengenai puasa di bulan Ramadhan dengan bahasa ibadah dengan analogi dan kalimat sesuai usia anak.

2. Berikan contoh teladan yang baik

Pentingnya memberi contoh pada anak agar anak tertarik untuk melakukan yang sama seperti apa yang dilakukan oleh orang tuanya, seperti dengan cara mengajak anak ikut sahur dan berbuka dapat membuat anak mengenal puasa dari contoh yang diberikan orang tuanya.

3. Ajari berpuasa sesuai kemampuan anak

Nah, penting sekali yang harus dipertimbangkan ketika melatih anak berpuasa. Ketika anak sedang proses berlatih berpuasa tidak langsung dipaksakan satu hari penuh namun harus mempertimbangkan batas kemampuan anak. Seperti dengan cara berpuasa mulai dari 3-4 jam dan ketika anak sudah bisa beradaptasi, durasi waktu puasa bisa ditambah lagi.

4. Buat puasa terasa menyenangkan

Agar puasa terasa menyenangkan dan anak-anak bersemangat berlatih puasa, bisa dengan membuat kegiatan ibadah puasa semenarik mungkin. Contohnya dengan membuat tabel kegiatan Ramadhan atau mutabaah Ramadhan dengan ditempel stiker-stiker yang menarik untuk anak.

5. Siapakan makanan favorite anak untuk buka puasa

Menyiapkan makanan favorite anak untuk berbuka puasa juga dapat menjadi ide untuk menambah anak bersemangat untuk berlatih puasa. Menyediakan anak makanan favorit juga dapat dijadikan sebagai reward anak berpuasa setiap hari.

6. Jadikian moment ngabuburit menjadi lebih menyenangkan

Ngabuburit merupakan kegiatan untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa dan merupakan bagian dari tradisi yang berkembang dan masih banyak dilakukan oleg banyak orang. Ngabuburit dapat dijadikan sebagi waktu mengalihkan perhatian anak dari makan dan minum sebelum berbuka. Sebagai contoh aktivitas seru ngabuburit yang dapat dilakukan seperti berjalan kaki berkeliling-keliling, membaca al quran bersama, membuat permainan seru atau dengan mengikuti kegitaan di masjid sekitar tempat tinggal.

7. Berikan hadiah saat lebaran

Ketika anak berhasil berlatih berpuasa, jangan lupa untuk memberikan hadiah atau reward kepada anak terlepas dari berapa jam anak sudah berpuasa atau berapoa hari anak dapat berlatih menjalankan ibadah puasa. Penghargaan terhadap anak tidak harus hadiah, bisa saja berupa pujian agar anak merasa diapresiasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *